outdoor dining, restaurant, bar-1846137.jpg

5+ Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online

Kepercayaan pelanggan merupakan inti bisnis online. Tapi, untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, kamu perlu menyiapkan banyak hal. Tidak cukup dengan memperbaiki kualitas produk atau layanan saja, kamu juga perlu membangun kedekatan emosional dengan pelanggan.

Apalagi, dalam bisnis online kamu tidak bertemu langsung dengan pelanggan. Maka, komunikasi menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk mencapai goal tersebut. Tentu saja, ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan, seperti reputasi, kredibilitas usaha, transparansi dan lain sebagainya.

Berikut ini kami bagikan 5+ cara meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online yang bisa kamu terapkan segera. Yuk simak!

 

5+ Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online

1.      Rutin berkomunikasi dengan pelanggan

Komunikasi merupakan salah satu kunci meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online. Interaksi yang dibangun secara aktif dapat memangkas jarak antara kamu dan pelanggan. Jadi, kamu dan pelanggan bisa makin dekat deh.

Bukan berarti kamu harus kepo dengan urusan pelanggan, ya. Menanggapi komentar di social media saja sudah cukup untuk menunjukkan bahwa kamu ingin menjalin komunikasi yang baik dengan mereka.

Ketika pelanggan memberikan pertanyaan yang sederhana, sebaiknya kamu merespon dengan hangat. Itu karena respon yang positif bisa menyenangkan hati pelanggan. 

Dengan merawat komunikasi yang baik dengan pelanggan, maka kamu bisa membangun hubungan yang baik pula. Selain itu, kamu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Boleh jadi, mereka memilih brand kamu karena kamu selalu menghargai setiap interaksi kecil yang terjalin selama ini.

2.      Memiliki website dan akun social media resmi

Buatlah website dan akun social media resmi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online kamu.

Untuk website, kamu bisa gunakan domain berbayar untuk meningkatkan kredibilitas website kamu. Sementara untuk social media, kamu bisa lakukan kampanye positif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Jangan lupa upload konten secara berkala agar kamu lebih dipercayai audiens. Pada website dan channel social media, cantumkan pula kontak dan alamat jelas yang bisa dituju apabila pelanggan ingin menyampaikan pesan.

Tampilkan produk kamu lengkap dengan informasi yang detail. Hal ini untuk meminimalisir kesalahpahaman antara kamu dan pelanggan.

Bila kamu menyediakan opsi transaksi via website, sediakan alur pembelian yang jelas dan bersertifikasi aman. Dengan demikian, pelanggan tidak khawatir untuk melakukan transaksi disana.

3.      Transparansi

Cara meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online berikutnya adalah dengan bersikap jujur dan transparan pada pelanggan. Kamu harus menjelaskan kelebihan dan kelemahan produk / layanan secara terbuka.

Kamu juga harus jujur dengan informasi terkait harga dan spesifikasi produk.

Cantumkan pula detail kebijakan apapun yang berpotensi mempengaruhi kehidupan pelanggan di masa mendatang. Contohnya adalah efek jangka panjang produk, prosedur pengembalian produk, penggunaan kartu garansi, pembatalan transaksi, ketentuan refund, dan lain sebagainya.

4.      Memasang foto produk asli (real pic)

Jangan sampai pelanggan kapok membeli produk kamu hanya karena produk yang mereka terima tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan di website.

Perhatikan apa saja item yang perlu dimasukkan dalam foto tersebut. Bila kamu menawarkan lipstik dengan bonus eyeliner dan blush on. Maka, ketiga produk tersebut perlu dimasukan dalam satu frame, meskipun secara teknis kamu hanya menjual lipstik.

Begitu pula ketika produk yang kamu jual tidak dilengkapi item lain, maka jangan masukan item lain ke dalam foto produk. Misal, kamu hanya menjual lipstik tanpa bonus apapun. Kamu tidak perlu memotret lipstik bersama blush on, eyeliner, atau produk yang lainnya.

Ini untuk menghindari kesalahpahaman di antara kamu dan pelanggan. Jangan sampai pelanggan merasa seolah dirinya ditipu, padahal sebetulnya tidak demikian.

Selain menampilkan sisi real produk, sebaiknya foto produk juga menunjukkan fitur unggulan. Hal ini untuk meyakinkan pelanggan sekaligus meningkatkan nilai jual produk.

Misal, lipstik yang kamu jual memiliki fitur waterproof. Foto produk bisa memperlihatkan tampilan bibir (yang diaplikasi lipstik) setelah terkena air.

Kualitas foto juga harus maksimal. Tampilannya jernih dan kecerahannya sesuai. Ukuran tidak terlalu kecil untuk mengurangi efek pixelated saat di-zoom.

Foto yang berkualitas baik memberi kesan yang baik pula di mata pelanggan. Secara tak langsung, hal ini memberi pengaruh positif untuk brand kamu.

5.      Mempublikasikan testimoni

Menampilkan testimoni termasuk cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online.

Testimoni adalah review yang diberikan pelanggan sebelumnya kepada toko kamu setelah melakukan pembelian produk atau layanan. Biasanya, testimoni ini menjelaskan pengalaman sukses pelanggan saat belanja di tempat kamu.

Karena sering dianggap sebagai honest review, testimoni cukup ampuh buat meyakinkan calon pembeli.

Namun tak jarang ada review yang sengaja dibuat untuk menampilkan kesan positif pelanggan. Sebaiknya kamu hindari cara ini ya. Ingat poin nomor 3 tadi, transparansi.

Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online, sebaiknya kamu menggunakan testimonial. Bila kamu mempublikasikan testimoni palsu, maka hal ini bisa merusak kepercayaan pelanggan.

Belum punya testimoni? Kamu bisa mendapatkannya dari pelanggan. Caranya, undang mereka untuk memberikan ulasan langsung di website kamu. Atau, kamu bisa meminta testimoni mereka via WhatsApp, lalu kamu yang memasukkannya sendiri ke website dalam bentuk screenshot.

6.      Memberi garansi

Memberikan garansi merupakan salah satu cara meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online. Garansi merupakan jaminan yang diberikan untuk menenangkan hati pelanggan. Contoh garansi adalah, garansi uang kembali.

Kamu bisa menawarkan garansi uang kembali untuk meyakinkan calon konsumen yang masih ragu untuk membeli produk atau layanan kamu.

Kamu tahu kan, banyak orang ragu membeli produk karena khawatir kualitasnya buruk, cepat rusak, atau produk kurang sesuai ekspektasi.

Nah, biar mereka tidak ragu, kamu bisa menawarkan garansi yang sesuai. Melalui cara ini, kamu memberi tahu pelanggan bahwa produk kamu layak dibeli. Bagaimana tidak, kamu saja berani kembalikan uang mereka kalau terbukti produknya jelek atau tidak sesuai yang dijanjikan.

Beberapa macam garansi yang bisa kamu berikan pada pelanggan adalah garansi uang kembali, garansi barang orisinal, garansi waktu pengiriman, garansi kualitas atau daya tahan produk, garansi service / perbaikan, dan lain sebagainya.

7.      Responsif terhadap saran dan kritik

Kecepatan dan ketangkasan kamu dalam merespon feedback yang diberikan pelanggan bisa memberikan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan. Kecepatan tanggapan juga bisa berdampak pada loyalitas dan retensi pembeli.

Semakin cepat pelanggan menerima respons, semakin baik hubungan yang terjalin antara kamu dan pelanggan.

Tidak hanya cepat, kamu juga harus menunjukkan sikap yang baik meskipun pelanggan memberikan kritik yang pedas. Sedapat mungkin, kamu memberikan jawaban yang ramah dan hangat. Terlebih kalau pelanggan membutuhkan informasi lebih mengenai produk atau layanan kamu.

Bagi pelanggan yang butuh bantuan, kamu harus memberikan arahan secara jelas. Penyampaiannya pun mesti sabar dan penuh kelembutan. Jadi, memaksimalkan customer service bisnis online kamu ya!

8.      Menyelenggarakan program loyalitas

Cara meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online yang berikutnya adalah melalui program loyalitas.

Contohnya, kamu bisa menyediakan bonus spesial untuk pelanggan yang melakukan repeat order, yaitu pembelian berulang terhadap produk atau layanan kamu. Melalui cara ini, pelanggan lebih senang untuk berbelanja di toko kamu.

Selain memberikan bonus, kamu juga bisa memberikan diskon, rewards, cashback atau promo lainnya untuk meningkatkan trust pelanggan. Opsi lainnya adalah memberikan poin yang bisa digunakan pelanggan untuk membeli produk tertentu.

Nah, itulah 5+ cara meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online yang applicable (bisa diaplikasikan) pada hampir setiap industri dan skala usaha. Mana yang menurutmu paling efektif?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top