people, business, meeting-1979261.jpg

5+ Cara Mendapatkan Kredibilitas Sebagai Pengusaha

Credibility atau kredibilitas pada dasarnya adalah kualitas seseorang atau lembaga untuk dapat dipercaya. Seorang pengusaha yang memiliki kredibilitas dianggap punya kapabilitas atau kemampuan untuk mendapatkan kepercayaan konsumennya.

Mereka adalah orang yang amanah (bisa dipercaya), berwawasan serta memiliki keterampilan yang baik.

Sebetulnya, bukan hanya pengusaha yang harus punya kredibilitas. Setiap orang perlu memiliki kualitas ini. Tapi bagi seorang pengusaha, kredibilitas adalah kualitas yang tidak bisa ditawar lagi.

Bila kamu adalah seorang pengusaha, maka kamu harus mulai membangun kredibilitas sedari dini. Itu karena untuk mendapatkan hati pelanggan, investor, maupun mitra kerja, kamu harus dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Nah, pada artikel ini akan dibahas 5+ cara mendapatkan kredibilitas sebagai pengusaha yang layak untuk kamu coba!

5+ Cara Mendapatkan Kredibilitas Sebagai Pengusaha

1. Membangun citra lewat social media

Kamu bisa manfaatkan social media untuk mendapatkan kredibilitas sebagai pengusaha. Salah satu caranya adalah dengan mempublikasikan konten bisnis di LinkedIn, Facebook, Instagram, atau bahkan Tiktok. Ya, kamu bisa memilih platform apa saja sebagai medianya. Tapi ingat, kamu harus melakukan promosi secara jujur.

Jujur adalah bagian dari kredibilitas. Hindari flexing atau pamer kemewahan karena cara seperti ini kurang efektif untuk membangun citra positif. Lebih baik kamu fokus saja pada pencapaian dan kapabilitas sebagai pengusaha.

Begitu pula saat mempromosikan bisnis, sebaiknya kamu menyertakan informasi sesuai fakta. Selain itu, tipsnya adalah gunakan bahasa yang menunjukkan antusiasme. Nuansa bahasa yang tepat bisa membantu postinganmu agar dilirik oleh banyak orang.

Ceritakan apa yang ditawarkan bisnismu, bagaimana bisnismu dapat membantu pelanggan, dan bagaimana usahamu berkembang dalam beberapa waktu terakhir.

Highlight bagian-bagian penting yang menjadi nilai jualnya. Kemas semua itu dengan bahasa yang natural, seolah kamu sedang bercerita kepada teman. Cara ini jauh lebih efektif untuk menjaring konsumen potensial dan para investor.

mobile, smartphone, app-1087845.jpg

Beberapa contoh pengusaha yang menerapkan cara ini dengan baik adalah Arjuna Sky Kok (Founder PredictSalary) dan Cycas Rifky Yolanda (CEO Kodegiri).

Keduanya merupakan pengusaha yang aktif mempromosikan bisnisnya melalui LinkedIn. Jika kamu perhatikan, mereka selalu berupaya jujur dalam memperkenalkan bisnisnya.

Tak hanya itu, mereka juga dikenal konsisten dalam membangun self-branding. Terbukti, cara ini berhasil mengikat trust konsumen. Walhasil, bisnis mereka pun meroket dalam waktu relatif singkat.

Tidak harus melalui tulisan, kamu bisa mempromosikan bisnis melalui video. Misalkan kamu adalah pengusaha tempe, maka kamu bisa mengunggah video yang menampilkan proses pembuatan tempe di pabrik. Video tersebut dapat meningkatkan kredibilitas usaha kamu secara tidak langsung.

2. Miliki website bisnis resmi

Selain rutin mempromosikan bisnis lewat social media, sebaiknya kamu juga menyediakan website untuk meningkatkan kredibilitas sebagai pengusaha. Kamu bisa membagikan profil dan cerita suksesmu dalam membangun bisnis.

Bila ada, kamu boleh mengunggah catatan baik dari rekan-rekan yang pernah bekerja sama denganmu. Hal ini bisa berperan sebagai testimoni yang memperkuat citramu sebagai pengusaha.

Selain itu, penting juga untuk menyediakan sebuah website bisnis resmi. Di dalamnya dapat berisi informasi seputar perusahaan, brand maupun list produk dan jasamu. Nantinya, website ini bisa membantu orang-orang untuk mengenal bisnismu lebih jauh. Mereka juga dapat melakukan pembelian langsung di website tersebut.

Jangan lupa untuk menyiapkan halaman artikel yang dikelola oleh tim profesional. Gaet content writer untuk melakukan update konten secara berkala. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari sekaligus mengedukasi pengunjung web. Yakin deh, pengunjung lebih senang kalau mendapat konten segar setiap mampir ke websitemu.

Biar tidak dianggap bisnis abal-abal, gunakan domain yang profesional. Domain yang profesional dapat mendukung kredibilitas website.  

Kamu juga bisa melampirkan testimoni konsumen dalam website tersebut. Testimoni ini berperan sebagai daya tarik sekaligus jaminan kualitas layanan.

Efektivitas cara ini sudah terbukti lho. Data riset dari Zendesk menunjukkan bahwa sebanyak 90% konsumen membeli produk berdasarkan review atau ulasan pelanggan lain. Karena itulah, kamu sebaiknya memperbanyak testimoni di website-mu. Semakin banyak ulasan yang kamu tampilkan, semakin besar pula kemungkinan pelanggan untuk melakukan pembelian.

3. Perbanyak relasi

Penting bagi seorang pengusaha untuk memiliki jaringan yang luas. Percaya atau tidak, skala jaringan dapat meningkatkan kredibilitas sebagai pengusaha.

Semakin banyak orang yang mengenalmu, maka kredibilitas mu semakin diperhitungkan. Kamu akan tampak lebih terpercaya bila mampu menjalin hubungan baik dengan banyak orang.

Kalau tertarik, kamu juga bisa bekerjasama dengan influencer supaya dipercayai oleh followers mereka. Selain itu, kamu juga bisa mengajak beberapa brand atau perusahaan yang berkaitan dengan bisnismu, untuk berkolaborasi dalam menawarkan jasa atau produk baru.

4. Gunakan alamat email profesional

Untuk mendapatkan kredibilitas sebagai pengusaha, sebaiknya kamu menggunakan alamat email profesional. Contohnya seperti [email protected]

Memang, tak ada salahnya kalau kamu memilih menggunakan alamat email gratis. Tapi, hal ini kurang memberi kesan yang meyakinkan tentang identitasmu. Bahkan, alamat email gratisan dianggap kurang menunjukkan kredibilitas seseorang.

Selain alamat email, kamu juga perlu menyiapkan kartu nama. Tak serampangan, kartu nama pun mesti didesain sebaik mungkin agar bisa menguatkan citra bisnis dan profilmu sebagai pengusaha.

5. Terus belajar

Tahukah kamu, ketika kamu memiliki wawasan yang luas, kamu dapat melakukan diskusi yang baik dengan siapa saja. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan kredibilitas sebagai pengusaha.

Kamu akan terlihat lebih berwibawa, seolah kamu adalah expert di bidang bisnismu. Itu karena setiap berbicara, kamu selalu menggunakan dasar ilmu dan pengalaman.

Karena itulah, selain memperbanyak kenalan, kamu juga harus memperkaya wawasan. Kamu tidak harus tahu segalanya. Tapi paling tidak, kamu memahami dengan baik apa yang kamu lakukan, menguasai lingkup bisnis serta punya pengetahuan dasar tentang bidang-bidang terkait.

6. Bersahabat dengan media

Pernahkah kamu diundang sebagai bintang tamu program TV atau Youtube? Jangan buru-buru ditolak, boleh jadi ini adalah kesempatanmu untuk mendapatkan kredibilitas sebagai pengusaha.

Kenapa? Karena kamu bisa tampil di depan banyak orang, maka kamu berkesempatan untuk memperkenalkan dirimu, apa yang kamu lakukan, serta mempromosikan bisnis agar dikenal oleh khalayak luas.

Orang yang sebelumnya meragukanmu juga bisa bertambah yakin dan tertarik untuk berkolaborasi. Kamu pun semakin diakui sebagai pengusaha yang sukses. Bonusnya, kamu juga jadi terkenal!

7. Tingkatkan kemampuan problem solving dan hubungan baik dengan karyawan

Kredibilitas seorang pengusaha juga dilihat dari caranya menyelesaikan masalah dan bekerjasama dengan karyawan. Pengusaha yang terpercaya biasanya pandai menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja, termasuk karyawannya.

Mereka adalah pribadi yang gemar membantu. Pengetahuannya sering dirujuk oleh karyawan. Ini adalah tanda seorang leader yang handal. Kalau kamu berhasil mencapai level tersebut, secara otomatis kamu juga dianggap sebagai pengusaha yang memiliki kredibilitas.

Itulah 5+ cara mendapatkan kredibilitas sebagai pengusaha. Kredibilitas cukup penting bagi pengusaha karena keberhasilan bisnis berbanding lurus dengan seberapa cepat kamu dapat membangun kualitas ini. Kamu ingin mulai darimana?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top